ANGGUN , PURNAMA SARI (2018) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3049Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2895Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam basa. Metode dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangun Rejo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis menggunakan SPSS version 17.0 for windows. Data keefektivan diperoleh dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan soal tes keterampilan berpikir luwes siswa yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori “sangat tinggi” dan keterampilan berpikir orisinil siswa pada kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata n-Gain sebesar 0,701 dengan kategori “tinggi”. Model problem based learning berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir luwes siswa pada kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil rata-rata uji effect size sebesar 0,850 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam basa. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, asam basa, model problem based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201890411 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:01 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2023 07:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32357 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |