PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNINGTERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

MENTARI PANCA RAHAYU, 1413023037 (2018) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNINGTERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2698Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2528Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis discovery learningterhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang ada di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh penggunaan LKS berbasis discovery learning diukur berdasarkan rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa, kemudian ukuran besar pengaruh LKS berbasis discoverylearning tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata n-Gain keterampilan proses sainssiswa memiliki kriteria “tinggi”. LKS berbasis discovery learning memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan keterampilan proses sainssiswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sainssiswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: lembar kerja siswa, keterampilan proses sainssiswa, discovery learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201896650 . Digilib
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:34
Last Modified: 30 Jul 2018 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item View Item