HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN ACTIVE LEARNING DAN CRITICAL THINKING PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2017

OKTA DELLA SUSMITHA, 1418011159 (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN ACTIVE LEARNING DAN CRITICAL THINKING PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2017. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (14Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (14Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN ACTIVE LEARNING DAN CRITICAL THINKING PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2017 Oleh OKTA DELLA SUSMITHA Latar belakang: Lingkungan pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu yang paling penting dari pembelajaran yang efektif sehingga kualitas lingkungan pembelajaran mencerminkan kualitas pembelajaran. Lingkungan belajar juga bergantung pada kualitas pribadi mahasiswa untuk berinteraksi antar mahasiswa agar active learning dan critical thinking dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan active learning dan critical thinking pada mahasiswa tingkat pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun 2017. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study. Sampel penelitian ini terdiri dari 141 mahasiswa angkatan 2017 yang ditentukan dengan total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner Dundee Ready Educational Environment (DREEM) dan Self Assessment Scale on Active Learning And Critical Thinking (SSACT). Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar sebagian besar memuaskan (46,8%) serta active learning dan critical thinking mahasiswa sebagian besar dalam kategori tinggi (56,7%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Chi-Square didapatkan nilai p 0,020 (<0,05) artinya didapatkan hubungan yang bermakna. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan active learning dan critical thinking pada mahasiswa tingkat pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun 2017. Kata kunci: Active learning, critical thinking, DREEM, lingkungan belajar, SSACT.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
> RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 201872908 . Digilib
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:51
Terakhir diubah: 30 Jul 2018 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir