Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat

WASPODO ARI WIBOWO, 1623012002 (2018) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2187Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1996Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT The Role of Principal Leadership in the Implementation of School Based Management in SMAN 1 Pesisir Tengah Pesisir Barat Regency By Waspodo Ari Wibowo The objectives of this research are to reveal the role of school principal in: The method used in this research was qualitative with phenomenological research. The data were collected through observation, interview, and documentation. The data were analyzed through reduction using data examination with reliability degree. The results of the research showed that the role of school principal implemented school based management in empowering teachers by giving authority, improving competence, directing, and providing comfort to the teacher. The principal respected the opinions and suggestions from the community, monitor and supervise the ongoing process of Education, through supervision activities. The school principal also implemented openness in school financial administration that involved all school components into the Management Team. Key words: principal, leadership, SBM implementation. ABSTRAK Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat oleh Waspodo Ari Wibowo Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Peran kepala sekolah dalam memberdayakan guru demi terciptanya proses pembelajaran yang baik; 2.Peran kepala sekolah dalam menjalin kerjasama dengan masyarakat/komite; 3.Peran kepala sekolah dalam menerapkan prinsip-prinsip MBS; dan 4.Peran Kepala Sekolah dalam melibatkan semua komponen sekolah dalam Tim Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi dengan teknik pemeriksan data menggunakan derajat kepercayaan. Hasil penelitian peran kepala SMAN 1 Pesisir Tengah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah melalui peran-peran yang telah dilaksanakan dalam memberdayakan guru dengan memberi wewenang, meningkatkan kompetensi, mengarahkan, dan memberikan kenyamanan kepada guru. Menghargai pendapat dan saran dari masyarakat, memantau dan mengawasi berlangsungnya proses Pendidikan, melalui kegiatan supervisi. Menerapkan keterbukaan dalam administrasi pembiayaan sekolah dan melibatkan semua komponen sekolah kedalam Tim Manajemen. Kata Kunci: kepala sekolah, kepemimpinan, implementasi MBS.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 201886395 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 08:13
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir