PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

AFRIANI, 1413023004 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1594Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1509Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT Oleh AFRIANI Asesmen merupakan salah satu komponen terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas asesmen. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa beberapa guru belum dapat membuat instrumen asesmen sesuai kaidah penulisan asesmen yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan respon siswa tehadap instrumen asesmen pengetahuan berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut Borg Gall. Tahapan-tahapan penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft awal, (4) uji coba lapangan awal, dan (5) revisi hasil uji coba. Berdasarkan hasil validasi terhadap instrumen asesmen yang dikembangkan, diperoleh katagori sangat tinggi. Hasil respon guru terhadap ketiga aspek tersebut berkatagori sangat tinggi, yaitu aspek keterbacaan 89,23%, aspek konstruksi 90%, dan aspek kesesuaian isi materi 90%. Hasil respon siswa terhadap aspek keterbacaan berkatagori sangat tinggi sebesar 87,08%. Uji validitas instrumen asesmen pengetahuan menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki nilai kevalidan di atas 0,444 dengan jumlah N sebesar 20, sehingga isntrumen ini dikatakan valid. Uji reliabilitas instrumen asesmen ini pada soal pilihan ganda dan soal essay berkatagori tinggi. Nilai reliabiliats soal pilihan ganda sebesar 0,672 dan nilai reliabilitas soal essay sebesar 0,680. Kesimpulan pada penelitian ini adalah instrumen asesmen pengetahuan menunjukkan hasil valid dan layak dipakai. Kata kunci: asesmen, HOTS, elektrolit dan non elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201827581 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:21
Terakhir diubah: 31 Jul 2018 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir