PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN

YUYUN MARDIANA, 1413053150 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (969Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (970Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 44 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan jamak dan angket. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik siswa yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus independet sample t-test, t 2,021. Kata kunci: Hasil belajar, make a match, tematik. hitung = 2,428 > t tabel

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201848511 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:54
Terakhir diubah: 31 Jul 2018 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir