EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ANA ZUHRIATUN NISA, 1413023006 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1022Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (746Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Oleh ANA ZUHRIATUN NISA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 01 Tumijajar. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Problem Based Learning dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalen pretest-postest control group design. Efektivitas model Problem Based Learning diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-gain. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu independent sample t test. Hasil penelitan menunjukkan bahwa rata-rata n-gain ketrampilan berpikir luwes kelas eksperimen berkategori “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol berkategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: berpikir luwes, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201892554 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:34
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32434

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir