PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TEHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD

Rosinta Kushermawanti, 1443053053 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TEHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1385Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1384Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 perumnas Way Halim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim dan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim yang berjumlah 129 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel menjadi 58 siswa yang tediri dari 35 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas IV D sebagai kelas ekperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan analisis uji T independent Polled Varian. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa, serta terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Posing, Pembelajaran Tematik. abstract The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 1 perumnas Way Halim. This study aims to determine the effect of learning model problem posing on student learning outcomes fourth grade SD Negeri 1 Perumnas Way Halim and to know the difference between the students' experimental class learning using problem posing model with control class using conventional learning. The method in this research is experimental research using Nonequivalent Control Group Design. Population in this research is all student of class IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim which amounts to 129 students with sample research using purposive sampling technique, so the sample become 58 students consist of 35 student class IVB as control class and 32 student class IV D as class experiment. Data collection in this research is by using observation, test and documentation, while data analysis using simple linear regression formula and T independent Polled Varian. The result of data analysis shows that there is influence of learning model of problem posing to student learning outcomes, and there is difference between student learning result of experimental class using problem posing model with control class using conventional learning. Keywords: Learning Outcomes, Problem Posing Model, Thematic Learning,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201873314 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:32
Terakhir diubah: 31 Jul 2018 08:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32442

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir