PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

PUTRIANA, 1413023051 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1736Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1454Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Seputih Agung, Lampung Tengah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional, dan X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik. Dilakukan analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap hasil tes kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-gain kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 83,7% peningkatan kemampuan literasi kimia dan 93,1% peningkatan kemampuan metakognisi siswa siswa dipengaruhi oleh penggunaan isu sosiosaintifik. Pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa dengan kriteria effect size ‘besar’. Kata kunci: Kemampuan literasi kimia, kemampuan metakognisi, isu sosiosaintifik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201858435 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:13
Last Modified: 01 Aug 2018 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32449

Actions (login required)

View Item View Item