PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

TRIPATIKA YULIANI, 153021025 (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] Text
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3278Kb)
[img]
Preview
Text
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2563Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK Oleh Tripatika Yuliani Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis penemuan terbimbing guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self efficacy peserta didik. Tahap pengembangan dalam penelitian ini yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan LKPD, validasi LKPD, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 10A3 dan 10A5 MAN 1 Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain pada tahap uji lapangan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes berpikir kreatif matematis dan skala self efficacy. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,54 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang dan (2) self efficacy peserta didik efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,36 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self efficacy peserta didik. Kata kunci: penemuan terbimbing, berpikir kreatif matematis, self efficacy. ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF WORKSHEET BASED ON GUIDED DISCOVERY FOR INCREASING MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY AND STUDENT’S SELF EFFICACY By Tripatika Yuliani This research development aimed to develop of worksheet based on guided discovery for increasing mathematical creative thinking and student’s self efficacy. Development stage in this study is a preliminary study, planning, development LKPD, LKPD validation, and field testing. The subject of this research is the students of class 10A3 and 10A5 MAN 1 Central Lampung in the Academic of 2017/2018 . The data of this research were obtained by observation, interview, mathematical creative thinking ability test and self efficacy scale. The result of the validaty by subject matter expert and media expert showed that the worksheet is considered excellent. The Initial field testing results indicate that worksheet is included in either category. The filed testing results showed that (1) the student’s mathematical creative thinking aspect was effective because seen from the N-Gain of 0,54 which included in the category of moderate improvement and (2) the student’s self efficacy was effective because seen from the N-Gain of 0,36 which included in the category of moderate improvement. It can be concluded that worksheet based on guided discovery effective way to improve the mathematical creative thinking ability and student’s self efficacy. Keywords: guided discovery, mathematical creative thinking, self efficacy.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 201886779 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:50
Last Modified: 01 Aug 2018 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item View Item