HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

ANGGIYA YULIASARI, 1418011016 (2018) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Latar Belakang: Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa kedokteran untuk membina hubungan dokter dan pasien yang baik. Kemampuan tersebut diketahui dapat dibagun dan ditingkatkan dengan mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan berorganisasi dengan kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini adalah 152 mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner keaktifan berorganisasi yang terdiri dari 19 pertanyaan dan kuesioner interpersonal communication competence scale yang terdiri dari 30 pertanyaan. Data dianalisis menggunakan chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan kemampuan komunikasi interpersonal yang dominan pada mahasiswa adalah kategori tinggi, masing-masing sebesar 73 (68,9%) responden dan 77 (72,6%) responden. Hasil uji chi-square untuk keaktifan berorganisasi dengan kemampuan komunikasi interpersonal didapatkan nilai p-value 0,012 (p<0,05). Simpulan: Terdapat hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, keaktifan berorganisasi, mahasiswa kedokteran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 201809446 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:40
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32470

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir