PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

DIAN AYU MARINA, 1413053033 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1500Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1501Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif yang bersifat eksperimental dengan One-Group-Pretest-Posttest sebagai desainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan observasi sebagai data primer, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika sesudah menggunakan model kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model TGT. Ini berarti bahwa model kooperatif tipe TGT dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika. Kata Kunci: hasil belajar, kooperatif, TGT. abstract The problem of this research was the students’ result of mathematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type TGT to the students’ result of mathematic learning.This research was quantitative kind which was experimental with One-Group-Pretest-Posttest as the design. Data retrieval was taken by test and observation to earn primer data, meanwhile documentation to earn secondary data. Technique of data analysis using normality test and hypothesis test linear simple regretion and t test. The result shows there is an effect of the cooperative learning type TGT to the students’ result of mathematic. It proved by t test which show that the result of mathematic after using cooperative learning type TGT is better than before using it. Its mean that cooperative learning type TGT can help to increase the result of mathematic learning. Keywords: result of learning, cooperative, TGT.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 201865528 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:43
Last Modified: 02 Aug 2018 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32501

Actions (login required)

View Item View Item