PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN TAHAPAN NEWMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

MUSLIHAH ROHMAH, 1623021005 (2018) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN TAHAPAN NEWMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3231Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2476Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT PROBLEM BASED LEARNING DEVELOPMENT USING NEWMAN STAGES TO IMPROVE STUDENT MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS. Oleh : MUSHLIHAH ROHMAH This research is a development research which aims to (a) describe the process and get product of problem based learning development using Newman stages which is related to students 'mathematical communication ability, and (b) to analyze the effectiveness of problem-based learning development product using Newman's stages in improving students' mathematical communication ability. The study was conducted with reference to Borg and Gall (Sukmadinata, 2008) which have stages, ie preliminary study, model development, model development validation, initial field trials, and field testing. The subject of this research is the students of class VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Lesson Year 2017/2018. Data collection was obtained from observation, interview, questionnaire and test of mathematical communication ability. Data analysis techniques used are descriptive statistics and t-test. The results showed that (a) preliminary study results showed that students' mathematical communication ability was low and problem based learning applied was not maximized, (b) expert validation result on the development of problem based learning using Newman stages have valid category, (c) early field on the development of learning included in the category very practical in its use, and (d) field test results show that problem-based learning using Newman stages effectively improve students' mathematical communication skills Keywords: PBL, Newman stages, mathematical communication ABSTRAK PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN TAHAPAN NEWMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Oleh : MUSHLIHAH ROHMAH Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan (a) mendeskripsikan proses dan mendapatkan produk pengembangan pembelajaran berbasis masalah menggunakan tahapan Newman yang dikaitkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (b) menganalisis keefektifan produk pengembangan pembelajaran berbasis masalah menggunakan tahapan Newman dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada Borg dan Gall (Sukmadinata, 2008) yang memiliki tahap-tahap yaitu, studi pendahuluan, penyusunan pengembangan model, validasi pengembangan model, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa rendah, (b) hasil validasi ahli pada pengembangan pembelajaran berkategori valid, (c) hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran berkategori sangat praktis, dan (d) hasil uji lapangan menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah menggunakan tahapan Newman lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah menggunakan tahapan Newman efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Kata kunci : PBM, tahapan Newman, komunikasi matematis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 201860629 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:58
Terakhir diubah: 02 Aug 2018 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32518

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir