NIA PURNAMASARI, 1413041055 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 1 WAYTENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3297Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3343Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Waytenong Lampung Barat yang difokuskan pada perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran (aktivitas guru dan aktivitas siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dokumentasi dan rekaman. Teknik analisis data pada penelitain ini adalah (1) mengamati dan menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) mendokumentasikan dan mengamati pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, dan (3) menyimpulkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, pada kegiatan inti guru melakukan aktivitas yang meliputi (1) aktivitas mengamati dengan membuka kesempatan kepada peserta didik untuk untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan melihat, menyimak, mendengar, dan membaca (2) aktivitas menanya dengan membuka kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dan dibaca (3) aktivitas mengumpulkan dan mengasosiasikan dengan membuka kesempatan kepada peserta didik untuk menggali, mengumpulkan, dan mengolah informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara (4) aktivitas mengkomunikasikan hasil dengan membuka kesempatan kepada peserta didik untuk menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan mengamati sikap tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan, penilaian kompetensi pengetahuan dengan memberikan soal berupa tes tulis ataupun tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan berupa tes praktik dengan melakukan unjuk kerja. Kata kunci: pembelajaran, menulis, cerpen.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 201845037 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 08:03 |
Terakhir diubah: | 02 Aug 2018 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32548 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |