HUBUNGAN PENDEKATAN ORANGTUA DENGAN REGULASI EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN

MEGITA NUR PRATIWI, 1413054023 (2018) HUBUNGAN PENDEKATAN ORANGTUA DENGAN REGULASI EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1050Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (978Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan emosi pada anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Gedong Meneng, Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendekatan orangtua dengan regulasi emosi anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel penelitian berjumlah 75 orangtua diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran Likert. Hasil penghitungan menunjukkan 97,33% orangtua masuk dalam kategori pendekatan pelatihan emosi dan sisanya sebanyak 2,67% masuk ke dalam kategori pendekatan penghilangan emosi. Hasil analisis data menggunakan rumus korelasi Spearman Rank menunjukkan adanya hubungan yang positif (r hitung 0,240 > r tabel 0,223) dan signifikan (Sig. 0,038 < 0,05) antara pendekatan orangtua dengan regulasi emosi anak sehingga hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci : pelatihan emosi, penghilangan emosi, regulasi emosi anak. ABSTRACT The problem of this research was children low ability to regulate the emotion in Gedong Meneng, Bandarlampung. The purposed of this research was to conduct the correlation between parental approach and child’s emotion regulation. This study was a quantitative research with assosiative type. The sample were 75 parents which chosen by cluster random sampling technique. The data were collected by using quesioner with Likert rating scale measurement. The result showed that 97,33% parents were emotion coaching approach category and 2,67% others were emotion dismissing approach category. The data was analyzed by Spearman Rank. The result showed that there was a positive and signifficant correlation (r count 0,240 > r table 0,223 and Sig. 0,038 < 0,05) between parental approach and child’s emotion regulation, and so the hypothesis was accepted. Keywords : emotion coaching, emotion dismissing, child’s emotion regulation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 201840058 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:46
Terakhir diubah: 02 Aug 2018 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32551

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir