FIRDHA YANISA, 1443053022 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1293Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1294Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-C dan IV-A yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, uji regresi linier diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe example non example berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran terpadu dan hasil analis uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu dengan dibandingkan dengan tidak menggunakan model example non example kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Kata kunci: hasil belajar, model example non example, pembelajaran terpadu. ABSTRACT The problem of this study is the learning outcomes of learners which is still low on integrated learning. This study aims to determine the effect of example non example type of cooperative learning towards students’ learning outcomes. The method used in this research is quasi experiment method. The research design used in this research is nonequivalent control group design, so there are experimental class and control class. The sample of this research is students of class IV-C and IV-A selected with purposive sampling technique.The instruments used are the test of learning outcomes and students’ activity observation sheet by using example example non example model. The data analysis used in this research is simple linear regression test and t-test. Based on the results of the research, linear regression test obtained the conclusion that the example non example type of cooperative learning influenced on the learning outcomes at integrated learning and the results of t test analysts showed that there are differences in the increase of students’ learning outcomes on integrated learning compared with the one which not use the example example non example model at class IV SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Keywords: learning outcomes, example non example model, integrated learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201854377 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 08:50 |
Terakhir diubah: | 02 Aug 2018 08:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32556 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |