PENGARUH WORKSHOP ILMU KEOLAHRAGAAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF TENTANG ILMU FAAL OLAHRAGA PADA GURU PENJASORKES SMP SE-KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Muhammad Hastasar Yusuf, 1413051045 (2018) PENGARUH WORKSHOP ILMU KEOLAHRAGAAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF TENTANG ILMU FAAL OLAHRAGA PADA GURU PENJASORKES SMP SE-KABUPATEN LAMPUNG BARAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2392Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2320Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru penjasorkes SMP khususnya di kabupaten Lampung Barat relatif kurang memahami konsep ilmu faal olahraga atau konsep-konsep dasar pelatihan. Workshop merupakan salah satu jenis model pengajaran yang sering digunakan dalam dunia pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan atau kemampuan kognitif dan kinerja guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh workshop terhadap peningkatan pengetahuan ilmu faal olahraga pada guru penjasorkes SMP di Kabupaten Lampung Barat. Metode Peneltian yang digunakan adalah Eksperimen Semu dengan tipe The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi berjumlah 144 orang dan sampel diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 36 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Rondom Sampling, cara ini dipakai karena populasi bersifat heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes iii Muhammad Hastasar Yusuf awal sebelum mengikuti kegiatan workshop. Setelah treatment selesai, tes akhir diberikan untuk melihat efektifitas workshop. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data nilai rata-rata pre test adalah 53,5 yang dikategorikan cukup baik, sedangkan nilai rata-rata post test adalah 76,4 yang dikategorikan sangat baik. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan kemampuan kognitif guru penjasorkes tentang ilmu faal olahraga setelah mengikuti workshop ilmu keolahragaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh workshop ilmu faal olahraga terhadap peningkatan kemampuan kognitif tentang ilmu faal olahraga pada guru penjasorkes SMP se-kabupaten Lampung Barat, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah mengikuti workshop. Kata kunci: Ilmu Faal Olahraga, Kemampuan Kognitif, Workshop.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> ML Literature of music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 201816575 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:01
Terakhir diubah: 03 Aug 2018 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir