PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM

LUSIANA , 1413043024 (2018) PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1694Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1695Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Seputih Mataram tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari bedana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 8 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah konstruktivisme dalam pembelajaran tari bedana dan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dilaksanakan oleh pelatih dengan beberapa tahapan, yaitu : pembentukan kelompok yang terdiri dari 4 siswa dalam satu kelompok, penyajian materi tari bedana, memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan kelompok, pelaksanaan ujian, evaluasi ujian dan kesimpulan. Pada pelaksanaan ada dua tahapan yang tidak sesuai dengan prosedur penggunaan metode pembelajaran tipe STAD yang benar yaitu tidak terbentuknya kelompok sejak awal pertemuan dan pembagian kelompok yang tidak seimbang berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran, tari bedana, metode pembelajaran STAD. abstract This study discusses the learning of bedana dance at extracurricular activities in SMA Negeri 1 Seputih Mataram academic year 2017/2018. This study aims to describe the process of learning dance bedana. This research uses descriptive qualitative research type. Sources of data in this study are teachers and students of class X and XI who follow extracurricular activities amounted to 8 people. Techniques used to collect data are observation (observation), documentation and interview. The theory used is konstruktivisme pantheon of bedana and Student Team Achievement Division (STAD) learning method. Learning process uses STAD learning model It has been implemented by trainers with several stages, namely: group formation consisting of 4 students in one group, presentation of bedana dance material, facilitating students to conduct group activities, execution of exam, evaluation of examination and conclusion. However, in the execution there are two stages that are not in accordance with the procedure of using the correct STAD type learning method that is not the formation of the group since the beginning of the meeting and the division of unbalanced groups based on the level of student ability. Learning outcomes are seen at the end of the lesson. Keywords: learning, dance, STAD learning method.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> MT Musical instruction and study
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 201856839 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:24
Terakhir diubah: 03 Aug 2018 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir