REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI (STUDI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGGAMUS

Deni Saputra, 1416041069 (2018) REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI (STUDI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGGAMUS. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1880Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1881Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk reformasi, faktor pendorong, penerapan reformasi, capaian, serta hambatan dalam penerapan reformasi administrasi pelayanan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian menemukan bentuk reformasi penyelenggaraan pelayanan haji berupa perubahan prosedur pendaftaran haji, bentuk personalia, bentuk transparansi keuangan haji, bentuk informasi haji, serta bentuk pengadaan paspor haji. Faktor pendorong terjadinya reformasi penyelenggaraan pelayanan dipengaruhi oleh faktor domestik dan faktor internasional. Penerapan reformasi penyelenggaraan pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus dapat dilihat dari empat indikator tujuan reformasi administrasi, yaitu: efisiensi administrasi, penghapusan kelemahan penyakit administrasi, pengenalan dan penegakan sistem informasi dan merubah sistem administrasi sesuai dengan keluhan masyarakat. Berdasarkan indikator tersebut menunjukan bahwa reformasi penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus belum berjalan secara optimal. Hal tersebut dikarenakan dari empat indikator, tiga indikator diantaranya belum diterapkan secara optimal. Sedangkan capaian yang berhasil dilakukan hanya berupa efisiensi administrasi dan hambatannya yaitu kurangnya akses pendukung seperti akses internet yang kurang dan sumber daya manusia yang ada. Kata Kunci : Reformasi Administrasi, Pelayanan Haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Tanggamus. ABSTRACT This research supposed to analyze any form of reformation impelementation, any pro factors that make happened reformation implementation service hajj rites, how application of reformation implementation services that happened in Ministry of Religion Tanggamus Regency, and any achievement and obstacles on application reformation implementation service inMinistry of Religion Tanggamus Regency, method that used in this researchis qualitative approach. Collecting technic that used are interview, observation, documentation, and literature study. As for there are several results from reformation implementation service hajj rites research that Ministry of Religion does. And list of change are, change the procedure registration, the personnel, the financial transparency hajj rites, the information hajj rites, and design of the procurement passport. The growth of the reform services influenced by domestic factors and the international. Implementation of reform of service provided by the ministry of religion Tanggamus Regency seen from four indicators, only one indicators has a positive impact that is administrative efficiency while the other three indicators have not been applied optimally namely the removal of weakness disease administration, recognition and enforcement of merit sytem and changing the administration sytem accordance with the complaints are not applied optimally. These were done only for administrative efficiencywhile the obstacles are lack of supporting access such as access to the internet less and human resources. Keywords: Administrative Reform, Hajj Service, Office of Ministry of Religion Tanggamus Regency.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > Islam. Bahaisme. Teosofi, dll
Hukum Pidana > Agama > Islam. Bahaisme. Teosofi, dll

J Political Science > JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: 201893989 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:29
Last Modified: 03 Aug 2018 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32578

Actions (login required)

View Item View Item