PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA

F BAYU NIRWANA, 1523022010 (2018) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1415Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1416Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan strategi pembelajaran berbasis inkuiri yang valid, 2) mengetahui efektivitasnya, dan 3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran. Peneliti menggunakan Metode Research and Development (R & D) model Dick dan Carey dengan langkah identifikasi kebutuhan dan menentukan tujuan, analisis strategi, identifikasi karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, dan pengembangan strategi pembelajaran. Penelitian dilakukan pada tiga SMA di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) uji validasi substansi dan konstruksi masingmasing 78,5% dan 75,25% dengan kategori tinggi, 2) strategi hasil pengembangan efektif membangun keterampilan argumentasi siswa, didasarkan atas adanya peningkatan keterampilan argumentasi secara signifikan dengan nilai sig < 0,05, dan 3) hasil wawancara menunjukkan 66,67% guru setuju untuk menerapkan strategi hasil pengembangan. Hasil wawancara juga menunjukkan 88,89% siswa merasa termotivasi selama proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Inkuiri, Keterampilan Argumentasi, Strategi Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201816930 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:22
Terakhir diubah: 06 Aug 2018 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32594

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir