WARNA LOKAL DALAM CERPEN SEBAMBANGAN KARYA BUDI P. HATEES DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

YESSI EVA NORA , 1413041081 (2018) WARNA LOKAL DALAM CERPEN SEBAMBANGAN KARYA BUDI P. HATEES DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1399Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1265Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan warna lokal adat istiadat dalam cerpen Sebambangan karya Budi P. Hatees dan rancangan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah cerpen Sebambangan karya Budi P. Hatees yang diterbitkan Lampung Post pada tanggal 29 Mei 2005. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kutipan percakapan dan monolog yang berkaitan dengan warna lokal adat istiadat Lampung pada cerpen Sebambangan karya Budi P. Hatees dan rancangan pembelajaran sastra di SMP. Dalam cerpen Sebambangan karya Budi P. Hatees mengandung warna lokal adat istiadat masyarakat Lampung yang terdiri atas sebambangan, penyimbang marga, gawi adat, pantang cerai, dan ruang rahasia perempuan. pengarang menghadirkan tema sebambangan sebagai akibat permintaan dari tokoh Kakek agar pernikahan tokoh Ibu dan tokoh Pangiran Dalom dilakukan dengan menggelar gawi adat yang memberatkan pihak bujang. Oleh karena itu, tokoh Pangiran Dalom memutuskan untuk melakukan sebambangan atau meninggalkan rumah secara diam-diam yang telah mendapatkan persetujuan dari gadis. Sebambangan memang menjadi pilihan ketika bujang ingin menghindari gawi adat yang menghabiskan biaya yang banyak. Cerpen Sebambangan karya Budi P. Hatees dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran untuk siswa SMP kelas IX semester ganjil dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.5 mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek. Kata kunci: Warna lokal, cerpen, sebambangan, rancangan, pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201892789 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:35
Terakhir diubah: 06 Aug 2018 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32596

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir