PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF RADIASI ELEKTROMAGNETIK BERBASIS LCDS UNTUK BELAJAR MANDIRI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

DESIH AMBARWATI, 1623022009 (2018) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF RADIASI ELEKTROMAGNETIK BERBASIS LCDS UNTUK BELAJAR MANDIRI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2881Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1880Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku elektronik interaktif materi radiasi elektromagnetik yang dapat digunakan untuk belajar mandiri dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) model ADDIE menurut Molenda yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Tahap yang pertama yaitu analysis, dilakukan untuk mengumpulkan informasi. Selanjutnya tahap design, yang bertujuan merancang perangkat pembelajaran dan produk. Tahap selanjutnya development, yaitu mengembangkan produk berupa buku elektronik interaktif radiasi elektromagnetik. Kelayakan buku elektronik interaktif radiasi elektromagnetik dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil validasi dari aspek materi mendapat skor 3,3 dengan kriteria sangat valid dan aspek desain mendapat skor 3,4 dengan kriteria sangat valid. Tahap selanjutnya yaitu implementation, dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas produk. Data kepraktisan diperoleh menggunakan kuesioner dan lembar observasi, dan data keefektifan diperoleh melalui instrumen tes berpikir kritis. Kepraktisan produk dari aspek keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor 3,3 dengan kriteria sangat baik. Data ini didukung oleh respon positif siswa terhadap penggunaan buku elektronik interaktif radiasi elektromagnetik. Penelitian menunjukkan bahwa buku elektronik interaktif radiasi elektromagnetik efektif untuk belajar mandiri, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%, dengan n-gain di kelas eksperimen <g> = 0,76 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol <g> = 0,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, produk yang dikembangkan yakni buku elektronik interaktif radiasi elektromagnetik telah efektif untuk belajar mandiri, dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: belajar mandiri, berpikir kritis, buku elektronik, interaktif, elektromagnetik. ABSTRACT The purpose of this research is to develop interactive electronic books on electromagnetic radiation topic for self-study and increasing students' critical thinking skills. The research method was based on the design of research and development (R&D) model of ADDIE according to Molenda which consisted of five stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The first stage of analysis, is collecting information. Furthermore, design stage was design learning material and products. The development stage, is developing of electronic books. Feasibility of the product were assessed based on validity, practicality, and effectivity aspects. The score of content validity is 3,3 categorized very valid, and construct validity score is 3,4 categorized very valid. Practicality data were obtained through questionnaires and observation sheets, and effectivity data were obtained through critical thinking test. The score of practicality in aspect of learning implementation the score of 3,3 with very good criteria. The result also supported by positive responses of the students using electronic books. Result show that the interactive electronic books was effective to generate self-study and increasing students’ critical thinking skills, significantly on the level of 95%, with N-gain in the experimental class <g> = 0,76 higher than control class <g> = 0.55. Based on the product was data analyzed has been effective to generate self-study and increasing students critical thinking skills. Key words: self-study, critical thinking, electronic books, interactive, electromagnetic

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> Q Science (General)
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201858708 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:17
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32647

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir