PENGEMBANGAN SOAL TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI FLUIDA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA

Nova Liana, 1413022054 (2018) PENGEMBANGAN SOAL TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI FLUIDA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3201Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2912Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran abad 21 menuntut siswa agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), namun kenyataan lapangan menunjukkan belum tersedia soal tes untuk mengukur HOTS siswa. Penelitian ini mendesain soal two-tier multiple choice (TTMC) pada materi fluida. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan soal tes HOTS yang valid pada materi fluida fisika SMA, mendeskripsikan reliabilitas soal tes HOTS, menganalisis tingkat kesulitan butir soal, menganalisis kesuaian individu, menganalisis opsi pengecoh, dan menganalisis daya beda butir soal. Model pengembangan mengadopsi dari Adams dan Wieman (2011) meliputi menentukan format butir soal, menentukan konstruksi butir soal, menentukan pedoman penilaian, uji Ahli, dan revisi butir soal. Subjek uji coba penelitian yaitu 57 siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kotaagung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Model Rasch dengan aplikasi Winstep 3,73. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) soal tes berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan valid, (2) soal tes HOTS yang dikembangkan memiliki reliabilitas sangat baik dengan alpha chonbrach’s sebesar 0,94, (3) terdapat 5 soal sangat sulit, 10 soal sulit, 11 soal mudah, dan 4 soal sangat mudah, (4) responden memiliki konsistensi jawaban yang baik, (5) opsi pengecoh pada semua soal valid, dan (6) semua butir soal memiliki daya beda sangat bagus. Kata kunci: fluida (statis dan dinamis), kemampuan berpikir tingkat tinggi, model rasch, pengembangan, two-tier multiple choice.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201884502 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:15
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32665

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir