PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

FITRI MAR’ATUS SOLEKHAH , 1413022027 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1736Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1359Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat materi hukum Newton tentang gerak. Metode yang digunakan ialah metode research and development. Model pengembangan mengadopsi dari Adam dan Wieman (2011) yang terdiri dari lima tahapan diantaranya menentukan format butir soal, menentukan konstruksi butir soal, menentukan pedoman penilaian, uji ahli, dan revisi butir soal. Pada tahap pemgembangan, dilakukan uji ahli kepada tiga dosen yang menguasai materi hukum Newton tentang gerak dan ahli di bidang pengembangan instrument. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian berjumlah 65 siswa. Data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan rasch model dengan aplikasi winstep 3.73. Berdasarkan hasil analisis model Rasch, dapat disimpulkan bahwa (1) instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi valid {memenuhi kriteria yang dapat diterima yakni PT-Measure, Outfit Mean Square (MNSQ), dan nilai outfit z- standardized (ZSTD)}, (2) menghasilkan nilai alpha cronbach 0,85 yang berarti baik, (3) terdapat 3 soal sulit, 12 soal sedang dan 5 soal mudah, (4) responden memiliki konsisitensi dalam menjawab soal yang baik, (5) opsi pengecoh pada semua soal valid, dengan demikian instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi hukum Newton tentang gerak yang dikembangkan di tingkat sekolah menengah memiliki penguasaan konsep yang baik untuk siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Instrumen Tes, Hukum Newton Tentang Gerak, Model Rasch

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 201864820 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:47
Last Modified: 07 Aug 2018 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item