DIRGA HARTO PRATOMO, 1413043012 (2018) KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (892Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (893Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas aspek dan indikator kecerdasan sosial dalam pembelajaran tari bedana yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation di SMP Global Madani Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kecerdasan sosial dalam pembelajaran tari bedana yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi di SMP Global Madani Bandar Lampung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber dalam penelitian ini adalah 7 peserta didik dan pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan non tes. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, non tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek kecerdasan sosial meliputi kesadaran situasional, kemampuan membawa diri, autensitas, clarity, empati. Pembelajaran tari bedana yang menggunakan strategi grup investigasi berlangsung selama lima kali pertemuan. Aspek kecerdasan sosial dinilai dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir, dengan hasil seluruh aspek dapat dilakukan oleh peserta didik dan strategi grup investigasi baik digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler karena memuat seluruh aspek kecerdasan sosial. Kata Kunci: Tari, Bedana, Kecerdasan Sosial ABSTRACT This study discusses aspects and indicator of social intelligence in banda dance learning, using investigation group type learning model at SMP Global Madani Bandar Lampung. The study aimed to describe aspects of socialintelligence in the learning of bedana dance using investigation group type learning model at SMP Global Madani Bandar Lampung. The approach taken in this study is qualitative descriptive, the source in this study is as well as educators and educators. Data collection techniques, used ind this study are observation, interviews, documentation and non tests. Instrument research uses observation guide, documentation guide, non test. The instruments used in this research are aspects of sosial intelligence including situational awareness, the ability to bring self clarity, empathy. Bedana dance learning that uses investigative group strategies lasts for five meetings. The aspect of social intelligence is assessed from the first meeting until the last meeting, with the results of all aspects can be done by students and the investigative group strategy is used both in extracurricular activities because it contains all aspects of social intelligence. Keywords: Dance, Bedana, Sosial Intellegence.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > MT Musical instruction and study |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 201839008 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 02:10 |
Terakhir diubah: | 09 Aug 2018 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32750 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |