PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 1 TRIMURJO

RESTI PAMUJI NINGSIH , 1013043027 (2018) PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 1 TRIMURJO. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2241Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran tari melinting menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Trimurjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari melinting menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Trimurjo. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran dan teori model cooperative learning tipe jigsaw. Proses pembelajaran tari melinting menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Trimurjo, terdiri dari lima tahap pembelajaran yaitu pembagian kelompok, demonstrasi, diskusi, presentasi, dan evaluasi. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik, dan nontes. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelatih tari SMP Negeri 1 Trimurjo dan 18 orang siswa. Berdasarkan teknik analisis data, hasil akumulasi pengamatan pada proses pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Trimurjo pada pertemuan pertama sampai kelima mencapai 87 termasuk kategori baik sekali. Hasil akumulasi penilain tes praktik siswa pada pembelajaran tari melinting di SMP Negeri 1 Trimurjo pada pertemuan keenam sampai kesepuluh berdasarkan semua aspek wiraga, wirama, dan wirasa mencapai 82 termasuk kategori baik. Kata kunci : Pembelajaran, Tari Melinting, Jigsaw ABSTRACT The problem in this research is how the process and the result of learning melinting dance used cooperative learning model of jigsaw type in Junior High School 1 Trimurjo. This research aims to describe the process and the result of learning melinting dance using cooperative learning model of jigsaw type in Junior High School 1 Trimurjo. The method used in this research is descriptive qualitative method. The theory used in this research is theory learning and theory cooperative learning model of jigsaw type. The learning process of melinting dance using cooperative learning model of jigsaw type in Junior High School 1 Trimurjo consists of five learning stages: division of group, demonstration, discussion, presentation, and evaluation. The type used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used in this research are observation, interviews, documentation, practice test, and non test. The sources of data in this research are dance coach of Junior High School 1 Trimurjo and 18 students. Based on data analysis techniques, the result of observation accumulation on learning process using cooperative learning model of jigsaw type in Junior High School 1 Trimurjo in the first to fifth meeting reached 87 is excellent category. The result of students practice test accumulation on the dance learning melinting in Junior High School 1 Trimurjo at the sixth until tenth meeting based on all aspects of wiraga, wirama, and wirasa reaching 82 is good category. Keywords: Learning, Melinting Dance, Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201839146 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:18
Terakhir diubah: 09 Aug 2018 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir