VARIASI GENETIK Plasmodium falciparum Glutamate Rich Protein (GLURP) DARI PENDERITA MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HANURA, KABUPATEN PESAWARAN, PROVINSI LAMPUNG

Rachman Aziz, 1418011168 (2018) VARIASI GENETIK Plasmodium falciparum Glutamate Rich Protein (GLURP) DARI PENDERITA MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS HANURA, KABUPATEN PESAWARAN, PROVINSI LAMPUNG. Universitas Lampung, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1710Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3048Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHSAN.pdf

Download (3051Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Plasmodium falciparum merupakan salah satu jenis Plasmodium pada malaria dan memiliki kecenderungan resisten terhadap obat antimalaria yang disebabkan adanya variasi genetik. Glutamate Rich Protein (GLURP) adalah salah satu petanda genetik yang terdapat pada Plasmodium falciparum. Pemeriksaan yang dilakukan berbasis biologi molekuler sudah banyak diteliti untuk mendiagnosis malaria secara spesifik dan akurat diantaranya Polymerase Chain Reaction (PCR). Metode: Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survey dan bersifat deskriptif. Sampel penelitian diperoleh dari Bahan Biologi Tersimpan (BBT) sebanyak 23 sampel. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metode PCR untuk mendeteksi adanya variasi genetik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 23 sampel telah berhasil dilakukan nested PCR dengan hasil terdapat variasi alel yaitu R0, R1 dan R2. Alel dominan yang ditemukan adalah R2. Infeksi dua alel ditemukan pada variasi R0-R2 dan R1-R2, sebanyak dua dan satu sampel Kesimpulan: Terdapat variasi genetik gen PfGLURP yang berasal dari penderita malaria di wilayah kerja Puskesmas Hanura, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dan ditemukan adanya variasi genetik dengan alel yang dominan pada gen PfGLURP adalah R2 (54,2%). Kata Kunci: Glutamate Rich Protein (GLURP), Plasmodium falciparum, Polymerase Chain Reaction (PCR).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 24618007 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:58
Terakhir diubah: 10 Aug 2018 08:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32781

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir