KAJIAN KARAKTERISTIK AGRONOMI DAN HASIL ETANOL BEBERAPA GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) YANG DITANAM SECARA TUMPANGSARI DENGAN UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz)

Irmawati, 1414121113 (2018) KAJIAN KARAKTERISTIK AGRONOMI DAN HASIL ETANOL BEBERAPA GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) YANG DITANAM SECARA TUMPANGSARI DENGAN UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2373Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2270Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Prospek pengembangan sorgum adalah sebagai pangan, pakan, dan industri. Sorgum memiliki berbagai varietas yang memiliki sifat masing- masing. Tumpangsari antara ubikayu dengan sorgum meupakan salah satu cara untuk mengefisiensikan penggunaan lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengevaluasi karakteristik agronomi batang tanaman sorgum terhadap volume nira yang dihasilkan (2) menentukan volume etanol tertinggi yang dihasilkan oleh berbagai macam genotipe sorgum yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada lahan dengan tipe tanah lempung liat berpasir di Jalan Ir. Sutami, Desa Sukanegara, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung pada Maret 2017 – Februari 2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri atas 15 perlakuan yaitu 15 genotipe sorgum dan setiap perlakuan diulang tiga kali. Genotipe yang digunakan adalah GH- 3, GH- 4, GH- 5, GH-6, GH- 7, GH- 13, Mandau, Numbu, UPCA, Samurai-1, Super-1, Super-2, Irmawati P/F 5-193-C, P/I WHP, dan Talaga Bodas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakter agronomis terutama panjang batang tanaman sorgum mempengaruhi volume nira yang dihasilkan, semakin tinggi panjang batang maka volume nira yang dihasilkan semakin tinggi. (2) Berdasarkan hasil penelitian, genotipe GH 3 dan Super 1 memiliki produksi etanol tertinggi dibandingkan dengan genotipe lainnya. Genotipe Numbu memiliki produksi biji tertinggi dibandingkan dengan genotipe lainnya dan berpotensi untuk dijadikan sorgum biji. Genotipe GH 6 dan Super 2 menghasilkan biomassa tertinggi dibandingkan dengan genotipe lainnya. Kata kunci: Genotipe sorgum, karakter agronomis, produksi etanol.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 201840375 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:37
Terakhir diubah: 15 Aug 2018 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir