PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK ORGANONITROFOS DAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP POPULASI DAN KEANEKARAGAMAN MESOFAUNA TANAH ULTISOL YANG DITANAMI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

RIZKI NOVIYANI, 1214121194 (2018) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK ORGANONITROFOS DAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP POPULASI DAN KEANEKARAGAMAN MESOFAUNA TANAH ULTISOL YANG DITANAMI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (897Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (749Kb) | Preview

Abstrak

Pupuk Organonitrofos adalah salah satu jenis pupuk organik yang terbuat dari kotoran sapi segar, limbah MSG, sabut kelapa, dan diperkaya dengan mikroba bermanfaat yang mampu menyediakan unsur hara N dan P yang cukup tinggi sehingga diharapkan dapat menekan penggunaan pupuk anorganik dalam budidaya tanaman. Penggunaan pupuk Organonitrofos yang dikombinasikan pupuk anorganik dapat melengkapi kebutuhan hara dan meningkatkan efektivitas biologi tanah yang dilihat dari jumlah mesofauna yang berada di dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk Organonitrofos dan anorganik terhadap populasi dan keanekaragaman mesofauna tanah di tanah ultisol yang ditanami kacang tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 11 perlakuan Rizki Noviyani dengan 3 ulangan. Data yang diperoleh diuji homogenitas ragamnya dengan uji Barlett dan aditivitas dengan uji Tukey. Data dianalisis dengan (ANARA) dan dilanjutkan dengan uji Ortogonal Kontras. Hasil penelitian menunjukkan populasi mesofauna tanah tertinggi pada perlakuan kombinasi 100% pupuk Organonitrofos dan 100% pupuk anorganik (P6), sedangkan populasi mesofauna tanah paling rendah pada perlakuan kontrol (P0). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemberian kombinasi pupuk yang seimbang dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan jumlah populasi dan keanekargaman mesofauna tanah. Indeks keanekaragaman mesofauna tanah tidak meningkat dengan adanya pemberian kombinasi pupuk Organonitrofos dan anorganik yang termasuk dalam kategori rendah. Analisis sifat kimia tanah (C-organik tanah, N-total, P-tersedia, dan pH tanah) tidak berkorelasi dengan populasi dan keanekaragaman mesofauna tanah. Kata Kunci: Kombinasi pupuk, mesofauna tanah, Organonitrofos.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 201895150 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:49
Terakhir diubah: 16 Aug 2018 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir