PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBIASAAN BERSIKAP PATRIOTIK PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMP KECAMATAN NATAR

ANDRIANAH, 1623011014 (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBIASAAN BERSIKAP PATRIOTIK PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMP KECAMATAN NATAR. Masters thesis, PASCASARJANA MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4074Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3564Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kondisi dan potensi, 2) proses pengembangan produk, 3) karakteristik hasil pengembangan model, 4) efektifitas, 5) efisiensi, dan 6) daya tarik pengembangan materi sumpah pemuda menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk pembiasaan bersikap patriotik siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Natar. Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran selama ini belum dapat menumbuhkan sikap patriotik dalam diri siswa, dan menggunakan model diskusi, 2) proses pengembangan dilakukan dengan, uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media, uji terbatas, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. 3) karakteristik pembelajaran discovery learning adalah merumuskan pertanyaan, merencanakan, mengumpulkan dan menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengaplikasikan serta tindak lanjut dalam kehidupan sehari-hari, 4) model dapat meningkatkan sikap patriotik siswa rata-rata sebesar 20%, 5) waktu pembelajaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan sikap patriotik 45 menit dengan rasio 1,00, dan 6) siswa 89,1 % senang dan cepat mamahami materi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: discovery learning, sikap patriotik, sumpah pemuda ABSTRACT Itian Penel aims to analyze :1) conditions and potential , 2) product development process , 3) characteristics of model development results , 4) effectiveness, 5) efficiency, and 6) the attractiveness of the development of youth oath material using discovery learning learning models for patriotic habituation student . This research is Research and Development (R & D), with research subjects of the eighth grade students of SMP in Natar District .Data were collected by questionnaires, tests and observations and analyzed descriptively as qualitative . The results of this study are: 1) learning has not been able to foster a patriotic attitude in students, and using a model of discussion, 2) proses development carried out with , material expert test , design expert test , media expert test, limited test, individual test, and small group test. 3) characteristics of discovery learning are to formulate questions , plan, collect and analyze data, draw conclusions and apply and follow-up in everyday life , 4) the model can increase the patriotic attitude of students by an average of 20% , 5) Learning time needed to increase patriotic attitude 45 minutes with a ratio of 1.00, and 6) students 89.1% are happy and quickly understand the material using discovery learning model . Keywords : discovery learning , patriotic attitude , youth oath

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 201841682 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2018 03:04
Terakhir diubah: 18 Aug 2018 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir