IDENTIFIKASI KEARIFAN LOKAL DI SUNGAI MUSI PROVINSI SUMATERA SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP

BELLA ANJELIA, 1413024018 (2018) IDENTIFIKASI KEARIFAN LOKAL DI SUNGAI MUSI PROVINSI SUMATERA SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1196Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang ada di sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan yang bisa dijadikan sumber belajar IPA siswa SMP dan hasil kesesuaian identifikasi kearifan lokal di sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan yang digunakan sebagai sumber belajar IPA SMP dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Desain penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu guru dan siswa pada 5 SMP di Kota Palembang, sampel guru diambil dengan purpossive sampling sebanyak 10 guru dan sampel siswa dengan clustered sampling sebanyak 421 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi, yaitu wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Data hasil wawancara masyarakat diperoleh 32 sumber kearifan lokal di sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan. Data kesesuaian kearifan lokal dijadikan sumber belajar IPA SMP diperoleh dari angket guru dan siswa serta wawancara guru, yang dianalasis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 80,54% guru setuju bahwa kearifan lokal di sungai Musi Sumatera Selatan yang diidentifikasi dijadikan sebagai sumber belajar dengan tingkat kesesuaian sebesar 80,93% dengan kriteria sesuai. Dan sebesar 49,35% siswa masih belum mengetahui tentang kearifan lokal tersebut. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa dari 32 kearifan lokal didapatkan sebanyak 18 kearifan lokal yang sesuai dengan kompetensi dasar berdasarkan kurikulum 2013 hasil revisi. Kata kunci: IPA, kearifan lokal, sumber belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 201881375 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2018 03:42
Last Modified: 18 Aug 2018 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32899

Actions (login required)

View Item View Item