PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

FATIA MAULINA , 1413041029 (2018) PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (946Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penggunaan bahasa persuasi pada iklan komersial di televisi dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasi pada iklan komersial di televisi dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada metode eklektik yang menggabungkan beberapa pendapat ahli sebagai pedoman penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan komersial di televisi terdapat bahasa persuasi berupa ajakan, anjuran atau saran, perintah, dan penegasan. Persuasi dapat pula dilihat dari segi penggunaan tinggi-rendah nada atau intonasi dan tekanan. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar dan media pembelajaran guru dalam membelajarkan materi pola penyajian dan kebahasaan iklan, slogan atau poster 3 pada kelas VIII semester ganjil, yaitu terdapat pada Kompetensi Inti 3, Kompetensi Dasar 3.4 “Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar” kurikulum 2013 revisi tahun 2017 pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : bahasa persuasi, iklan, bahan dan media pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 201858333 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:25
Last Modified: 20 Aug 2018 01:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32906

Actions (login required)

View Item View Item