PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

DEVI FITRIANI, 1413041016 (2018) PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1458Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1458Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah jenis, struktur, dan pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan tentang paragraf meliputi jenis, struktur, dan pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan Kemendikbud. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah 16 teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan Kemendikbud. Data yang diteliti berjumlah 61 paragraf. Berdasarkan jenisnya, paragraf yang paling banyak digunakan dalam teks bacaan yaitu paragraf deduktif dan yang paling sedikit yaitu paragraf ineratif dan ide pokok menyebar. Berdasarkan strukturnya, kemungkinan yang paling banyak ditemukan yaitu kemungkinan keenam dan yang paling sedikit yaitu kemungkinan keempat. Terdapat dua struktur yang tidak ditemukan yaitu kemungkinan pertama dan kedua. Berdasarkan pola pengembangan paragrafnya, pola pengembangan yang paling banyak ditemukan yaitu pola pengembangan ilustrasi dan yang paling sedikit yaitu pola pengembangan paragraf perulangan. Terdapat tiga pola pengembangan paragraf yang tidak ditemukan yaitu pola pengembangan paragraf pertanyaan, kronologi, dan analogi. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran yang berkaitan dengan teks khususnya tentang kebahasaan tepatnya pada KD 4.7 menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar dengan indikator pembelajaran, yaitu menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Materi pembelajaran berupa menyimpulkan isi teks hasil observasi yang didengar dalam bentuk diagram dan menyimpulkan gagasan pokok teks hasil observasi. Kata kunci: paragraf, jenis, struktur, pola pengembangan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201801646 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:04
Terakhir diubah: 20 Aug 2018 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32907

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir