STRATEGI PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 27 BANDARLAMPUNG

NONA DIANA ARDINUR , 1313043025 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 27 BANDARLAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3241Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)

Abstrak

Strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Strategi yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 27 Bandarlampung yaitu dengan cara pembelajaran secara kelompok, berpasangan dan individu yang sering disebut strategi secara bervariasi. Strategi secara bervariasi dilakukan untuk melihat proses dari pembelajaran tari muli siger dengan berlandaskan teori behaviorisme. Ada 27 ragam gerak tari muli siger yang diberikan guru. Proses pembelajaran tari muli siger diikuti oleh 10 peserta didik selama delapan kali pertemuan. Data yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari proses pembelajaran tari muli siger diukur dari 27 ragam gerak yang diperoleh melalui tes praktik dengan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang dan gagal. Jumlah peserta didik dengan kriteria baik 7 peserta didik dan dengan kriteria cukup 3 peserta didik. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Strategi, Tari Muli Siger ABSTRACT Strategy is a learning activity that must be done by teachers and learners so that the learning objectives can be achieved effectively and efficiently. The strategy used by teachers in SMP Negeri 27 Bandarlampung is by way of group learning, in pairs and individuals who are often called varied strategies. Various strategies were made to see the process of learning muli siger dance with the theory of behaviorism. There are 27 kinds of muli siger dance movement given by the teacher. The learning process of muli siger dance was followed by 10 students for eight meetings. The data obtained by observation, interview and documentation with the type of descriptive qualitative research. The result of the learning process of muli siger dance is measured from 27 motions obtained through practice test with criteria very well, good, enough, less and fail. The number of students with the criteria of both 7 students and with the criteria enough 3 students. Keyword : Extracurricular, Muli Siger Dance, Strategy

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 201882035 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:23
Last Modified: 20 Aug 2018 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32910

Actions (login required)

View Item View Item