PENGARUH METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENENTUAN pH LARUTAN ASAM BASA

QUDWAH MUTAWAKKILAH, 1413023053 (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENENTUAN pH LARUTAN ASAM BASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENENTUAN pH LARUTAN ASAM BASA Oleh QUDWAH MUTAWAKKILAH Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ukuran pengaruh ( metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas belajar siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Bandar Lampung semester genap tahun 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi experimen dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas control tanpa metode eksperimen. Data kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori “tinggi”. Kemampuan metakognisi siswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain yang diperoleh berkategori “sedang” yaitu 0,34 dan kelas kontrol berkategori “rendah” yaitu 0,22. Metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa dengan besar pengaruh 87% pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa. Kata kunci: kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa, penentuan pH larutan asam basa, metode eksperimen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201853042 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:38
Terakhir diubah: 20 Aug 2018 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir