ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2016)

MULIA CHANRA PRASASTI, 1411031088 (2018) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PROFITABILITAS, DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK INCOME SMOOTHING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2016). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1034Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1035Kb) | Preview

Abstrak

Perataan laba (Income Smoothing) adalah salah satu cara manajemen laba dimana pihak manajemen memanipulasi fluktuasi laba secara sengaja agar berada di tingkat yang dianggap normal dan stabil sepanjang diizinkan oleh prinsip akuntansi dan manajemen yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: pengaruh ukuran perusahaan, dividend payout ratio, profitabilitas, dan risiko perusahaan terhadap praktik perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2011-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan dari web Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di bei periode 2011-2016. Dari hasil pencarian data, terdapat 423 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, dividend payout ratio, profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba, sedangkan risiko perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba. Kata Kunci: Perataan Laba, Ukuran Perusahaan, Dividend Payout Ratio, Profitabilitas, Risiko Perusahaan. ABSTRACT Income smoothing is a method of earning manajemen where management manipulates earnings fluctuations intentionally to be at a level that is considered normal and stable as long as it is permitted by accounting principles and health management. This study aims to examine and analyze: the influence of company size, dividend payout ratio, profitability, and company risk on income smoothing practices on company registered in the idx period 2011-2016. The data used is the secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange’s website. The population in this study is all the companies that registered in Indonesia Stock Exchange period 2011-2016. From the data search result, there were 423 companies that became the research sample. The instrument used is logistic regression method. The results of the study show that the company size, dividend payout ratio, and profitability have a significant effect on income smoothing practices, while company risk does not have a significant effect on income smoothing practices. Keywords: Income Smoothing, Company Size, Dividend Payout Ratio, Profitability, Company Risk.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 201853855 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2018 08:39
Terakhir diubah: 21 Aug 2018 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir