HARTOYO ADI SAPUTRO , 1413024038 (2018) ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (709Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (710Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan menentukan kualitas butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017 dan karakteristik dari jenis stimulus, keterampilan berpikir tingkat rendah, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah Instrumen Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian berupa metode deskriptif jenis analisis isi atau dokumen. Data penelitian berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil Penelitian menunjukkan kualitas butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017 sebagian besar (75%) bertipe LOTS sedangkan kurang dari setengah (25%) bertipe HOTS. Karakteristik butir Soal Ujian Sekolah pada jenis stimulus kurang dari setengahnya berupa gambar, sedangkan sebagian kecil berupa tabel, iii contoh, dan penggalan kasus. Keterampilan berpikir tingkat rendah setengahnya berupa indikator memahami (C2). Keterampilan berpikir kritis sebagian kecil berupa “memfokuskan pada pertanyaan” sedangkan pada keterampilan pemecahan masalah sebagian kecil berupa “mengidentifikasi masalah”. Ditemukan bahwa hampir semua (97,5%) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Kata kunci: HOTS, Kesesuaian Indikator Pencapaian Kompetensi, LOTS, Stimulus
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 201898231 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 01:07 |
Terakhir diubah: | 23 Aug 2018 01:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32979 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |