ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2016/2017

HARTOYO ADI SAPUTRO , 1413024038 (2018) ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (709Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (710Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menentukan kualitas butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017 dan karakteristik dari jenis stimulus, keterampilan berpikir tingkat rendah, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah Instrumen Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian berupa metode deskriptif jenis analisis isi atau dokumen. Data penelitian berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil Penelitian menunjukkan kualitas butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017 sebagian besar (75%) bertipe LOTS sedangkan kurang dari setengah (25%) bertipe HOTS. Karakteristik butir Soal Ujian Sekolah pada jenis stimulus kurang dari setengahnya berupa gambar, sedangkan sebagian kecil berupa tabel, iii contoh, dan penggalan kasus. Keterampilan berpikir tingkat rendah setengahnya berupa indikator memahami (C2). Keterampilan berpikir kritis sebagian kecil berupa “memfokuskan pada pertanyaan” sedangkan pada keterampilan pemecahan masalah sebagian kecil berupa “mengidentifikasi masalah”. Ditemukan bahwa hampir semua (97,5%) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Kata kunci: HOTS, Kesesuaian Indikator Pencapaian Kompetensi, LOTS, Stimulus

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201898231 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2018 01:07
Terakhir diubah: 23 Aug 2018 01:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir