PENGARUH PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KORUPSI E-KTP SETYA NOVANTO DI MEDIA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK PADA DPR-RI (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung Angkatan 2016)

Ulfah Ramadhania, 1416031124 (2018) PENGARUH PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KORUPSI E-KTP SETYA NOVANTO DI MEDIA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK PADA DPR-RI (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung Angkatan 2016). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1219Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2098Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemberitaan adalah proses pelaporan kepada publik mengenai suatu peristiwa melalui berita, editorial, artikel yang dimuat dalam media massa secara berkelanjutan. Media massa diyakini memiliki kemampuan dalam mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat. Kepercayaan terjadi ketika publik menilai lembaga pemerintah dan para pemimpinnya dapat memenuhi janji, efisien, adil, dan jujur. Jika institusi pemerintah, pejabat publik, dan kebijakan yang dibuatnya dinilai baik oleh publik maka publik akan memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintah. Publik percaya bahwa pemerintah tidak akan berbuat buruk, melainkan akan selalu melakukan tindakan baik meskipun tidak diawasi. Masing-masing variabel memiliki aspek penilaian yang diteliti. Pada variabel X aspek penilaian meliputi durasi, frekuensi, dan kredibilitas sumber. Sedangkan, variabel Y yang menjadi aspek penilaian meliputi integritas, kompetensi, loyalitas (kesetiaan), serta keterbukaan (transparansi). Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar “pengaruh pemberitaan kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto di media terhadap tingkat kepercayaan publik pada DPR-RI”. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini menggunakan dua model teori yaitu model teori Stimulus Organisme Response (SOR) dan model teori Jarum Suntik. Tipe penelitian kuantitatif, dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner sebagai data primer dan didukung dengan studi kepustakaan yakni buku dan sumber lainnya dari internet sebagai data sekunder. Teknik penarikan sampel menggunakan Proportional Stratified Sampling dengan penentuan besaran sampel yang diambil menggunakan tabel Stephen Isaac & William B. Michael. Populasi penelitian ini sebanyak 609 mahasiswa dengan sampel berjumlah 187 mahasiswa FISIP Universitas Lampung angkatan 2016. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberitaan kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto di media terhadap tingkat kepercayaan publik pada DPR-RI hanya sebesar 4,6%. Berdasarkan perhitungan hasil korelasi, pengaruh tersebut masuk dalam kategori sangat rendah. Hasil uji hipotesis uji F diketahui bahwa F Hitung 9,020 > F Tabel 3,89 jadi, keseluruhan variabel mempunyai pengaruh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya “ada pengaruh pemberitaan kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto di media terhadap tingkat kepercayaan publik pada DPR-RI (studi pada mahasiswa FISIP Universitas Lampung angkatan 2016)”. Kata kunci : Pemberitaan, Media Massa, Kepercayaan Publik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 201890921 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:22
Terakhir diubah: 23 Aug 2018 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32986

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir