KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS PMI PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN DONOR DARAH (STUDI PADA UTD CABANG PEMBINA PROVINSI LAMPUNG)

HARISKA PUTRA, 1416031062 (2018) KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS PMI PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN DONOR DARAH (STUDI PADA UTD CABANG PEMBINA PROVINSI LAMPUNG). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2509Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (965Kb) | Preview

Abstrak

komunikasi persuasif merupakan salah satu upaya atau cara dalam mengubah sikap, perilaku atau karakter pada diri seseorang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan oleh humas Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah. pada penelitian ini menggunakan konsep komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas palang merah indonesia Provinsi Lampung sangat berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah , ini terbukti dari peningkatan jumlah pendonor darah dari tahun ketahun melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh humas seperti kegiatan langsung atau sosialisasi yang dilakukan oleh humas di instansi, sekolah-sekolah, ataupun tempat umum lain nya seperti hotel. Selain itu humas juga melakukan persuasif melalui media sosial yang digunakan seperti, youtube, facebook, twitter, instagram, dan juga pamflet yang dibagikan ke masyarakat ketika kegiatan tersebut sedang berlangsung. Humas sebagai pelaksana perintah ketua sangat penting posisinya dalam mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama sehingga masyarakat bersedia dan bergerak untuk melakukan donor darah. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Humas, Masyarakat, kesadaran, Donor darah ABSTRACT Persuasive communication is one of the effort or ways to change attitudes, behavior or character in a person in accordance with what is expected by the communicator. Based on this, this study aims to determine the persasive communication conducted by PMI Lampung Province public relations in raising public awareness to do blood donation. In this study using the concept of persuasive communication. This research type with observation data collection technique, interview, documentation, and literature study. The result of this stdy indicate that PMI Lampung Province’s public relations play an important role in raising public awareness for blood donation, this is evident from the increase in the number of blood donors from year to year through activities carried out by public relations such as direct activities or socialization conducted by the relationship people in agencies, schools, or other pblic places such as hotels. In addition, public relations also do persuasively through social media that is used, such as youtube, facebook, twitter, instagram, and also pamphlets distributed to the public when the activity is taking place. Public relations as the executor of the chairman’s order is very important in its position in inviting the public to care for others so that the community is willing and moving to make blood donations. Keywords : Persuasive communication, Public relations, Society, Awareness, Blood Donors

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 201869514 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:10
Terakhir diubah: 23 Aug 2018 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32987

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir