DEWI IQOMATUL LAILI , 1413041017 (2018) Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berantai dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4046Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2958Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini terdiri atas rumusan mayor dan minor. Rumusan mayor dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media gambar berantai lebih efektif daripada penggunaan media gambar tunggal dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung?” Untuk menjawab rumusan mayor di atas, rumusan minor dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Seberapa besar tingkat kemampuan menulis teks cerita fabel siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar berantai dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar tunggal, (2) Adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks cerita fabel bagi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar berantai dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar tunggal? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar berantai dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel siswa kelas VII dengan cara mendeskripsikan (1) Tingkat kemampuan menulis teks cerita fabel siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar berantai dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar tunggal dan menyajikan (2) Perbedaan hasil skor antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar berantai dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar tunggal siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu media gambar berantai dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks cerita fabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D dan kelas VII F. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks cerita fabel. Validitas isntrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 95%. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar berantai dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel siswa kelas VII efektif digunakan. Hal-hal yang mendukung peryataan di atas dijabarkan sebagai berikut (1) Tingkat kemampuan menulis teks cerita fabel pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan lebih besar dengan selisih skor awal dan akhir sebesar 7.17 sedangkan kelompok kontrol hanya 3.87, (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis analisis data sampel bebas, diperoleh nilai p sebesar 0.007<0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya uji gain diperoleh nilai p sebesar 0.001<0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan juga. Kata kunci: keefektifan, media gambar berantai, pembelajaran menulis fabel.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 201867390 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 08:40 |
Terakhir diubah: | 24 Aug 2018 08:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33019 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |