PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KALOR

HERI NURDIN , 1423022021 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KALOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1915Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1916Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik LKS model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang akan dikembangkan. (2) Mendeskripsikan tingkat keterbacaan, kemudahan dan kemanfaatan LKS model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. (3) Mendeskripsikan tingkat keefektifan LKS model inkuiri terbimbing ditinjau dari hasil. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research & development atau R & D). Subjek uji coba penelitian adalah siswa SMPN 1 Gisting kelas VII 1 dan VII U2 dengan jumlah 60 siswa. Data pada penelitian pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan telah dihasilkan LKS karakteristik model inkuiri terbimbing, terbaca, mudah, dan bermanfaat, serta efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil uji Independent Sample-t Test diperoleh nilai sig. sebesar 0.022. Karena nilai sig. ≤ 0,05 maka ditolak atau diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan signifikan yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis kelas kontrol. Tingkat keefektifan produk berdasarkan hasil perhitungan N-gain diketahui, N-gain kelas eksperimen sebesar 0,48 (katagori sedang) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,38 (katagori sedang). Sehingga dapat dinyatakan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan LKS produk pengembangan lebih besar dibandingkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan LKS konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKS model inkuiri terbimbing yang dikemas dalam Lembar Kegiatan Siswa lebih efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis. abstract The purposes of this research are (1) To describe the characteristics of guided inquiry model student worksheet to improve critical thinking skill that will be developed. (2) To describe the level of readability, easiness and usefulness of guided inquiry model student worksheet to improve critical thinking skill. (3) To describe the effectiveness level of guided inquiry model student worksheet in terms of the outcomes. This research was conducted by using research and development (R & D). The subjects of this research were VII grade of U1 and U2 students of Junior High School 1 Gisting with a total of 60 students. The data in this development research were collected through questionnaires and critical thinking skill tests. The results showed that the characteristics of guided inquiry model student worksheet which are readable, easy, and useful as well as effective to improve critical thinking skill are met. From the results of Independent Samplet- Test, it was found that the sig. value was 0.022. Because sig. value ≤ 0,05, then H was rejected or H was accepted, so that it can be stated that there was a significant difference showing that the mean of posttest value of critical thinking skill of experimental group was higher than the mean of critical thinking skill test value of control group. The product effectiveness level according to the results of N-gain calculation found that N-gain of experimental group was 0,48 (‘moderate’ category) and N-gain of control group was 0,38 (‘moderate’ category). Therefore, it can be stated that the increase in students’ critical thinking skill of experimental group or group which uses development product student worksheet is higher than the increase in students’ critical thinking skill of control group which uses conventional student worksheet. It can be concluded that the learning which uses guided inquiry model student worksheet packaged in student worksheet is more effective in improving critical thinking skill. Keywords: Student Worksheet, Guided Inquiry, Critical Thinking Skill

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201862280 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:32
Terakhir diubah: 29 Aug 2018 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir