Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Siswa (SPPKB) Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui Tahun Pelajaran 2013/2014

DELA HAPMITA, 1013033006 (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Siswa (SPPKB) Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui Tahun Pelajaran 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Dalam proses pembelajaran kemampuan menggunakan strategi pembelajaran adalah penting. Guru perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berfikir siswa secara optimal. Salah satu strategi tersebut adalah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB). SPPKB diduga dapat meningkatkan peran aktif siswa, sebab SPPKB bukan strategi pembelajaran yang membiarkan siswa untuk pasif, tetapi dengan strategi SPPKB ini siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya aktivitas proses berpikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui Tahun Ajaran 2013-2014?”.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan Strategi SPPKB dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui Tahun Ajaran 2013-2014.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan,dokumentasi,dan kepustakaan.Teknik analisis data nya dengan kualitatif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa selain dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang digunakan pada umumnya, perencanaan yang harus dilakukan guru dalam SPPKB adalah melakukan tahap orientasi dan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan untuk melakukan tahap pelacakan pada proses pelaksanaan pembelajaran. Kemudian pelaksanaan SPPKB yang pertama dilakukan adalah dengan tahap pelacakan, konfrontasi, pembentukan kelompok, penataan ruang, inkuiri, akomodasi, transfer dan bentuk evaluasi yang tepat untuk digunakan dalam SPPKB adalah dengan penilaian unjuk kerja.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: terong . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:46
Last Modified: 29 Sep 2014 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item