Kajian Dampak Beroperasinya Mall Boemi Kedaton Terhadap Pola Pergerakan Lalu Lintas pada Kawasan Kedaton dan Sekitarnya

Eva Riana, 1325011008 (2018) Kajian Dampak Beroperasinya Mall Boemi Kedaton Terhadap Pola Pergerakan Lalu Lintas pada Kawasan Kedaton dan Sekitarnya. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2551Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kajian Dampak Beroperasinya Mall Boemi Kedaton Terhadap Pola Pergerakan Lalu Lintas pada Kawasan Kedaton dan Sekitarnya Oleh Eva Riana Salah satu pusat perbelanjan besar di Kota Bandar Lampung adalah Mall Boemi Kedaton yang berlokasi di Jalan Teuku Umar - Sultan Agung No. 1. Bandar Lampung. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan perdagangan dan jasa skala internasional dan regional yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2011-2030. Kawasan ini juga berdekatan dengan kawasan pendidikan tinggi di sekitar Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Gedong Meneng dan Rajabasa yang didalamnya terdapat beberapa universitas, sekolah-sekolah, tempat-tempat kursus dan bimbingan belajar yang memberikan pengaruh terhadap bangkitan/tarikan perjalanan pada Kawasan Kedaton dan sekitarnya. Pergerakan bangkitan dan tarikan tersebut akan mempengaruhi tingkat kinerja jalan yang ada saat ini sehingga dapat menimbulkan kemacetan dan ketidakteraturan lalu lintas dikarenakan volume lalu lintas yang melebihi kapasitasnya. Penelitian ini bertujuan mengukur kinerja lalu lintas untuk saat ini dan 5 tahun yang akan datang pada ruas jalan yang diperkirakan terkena dampak oleh adanya pusat kegiatan Mall Boemi Kedaton ditinjau dari nilai derajat kejenuhan (V/C Ratio). Dari hasil perhitungan dan analisa, dapat diketahui bahwa pembangunan Mall Boemi Kedaton tidak mempunyai dampak yang signifikan terhadap kinerja jaringan jalan di kawasan Kedaton dan sekitarnya untuk kondisi eksisting, hal ini terlihat dari tingkat pelayanan di semua ruas jalan pada wilayah kajian memiliki nilai V/C Ratio < 0,75. Sedangkan derajat kejenuhan rata-rata yang didapat dari analisa simpang bersinyal dan tidak bersinyal > 0,75 sehingga diperlukan optimalisasi kinerja persimpangan dengan cara perubahan waktu siklus persimpangan yang disesuaikan dengan volume lalu lintas dan manajemen persimpangan dimana persimpangan yang menggunakan sistem LTOR (Left Turn On Red) menjadi tanpa LTOR. Untuk 5 tahun kedepan, ruas jalan yang diperkirakan mengalami kinerja buruk adalah Jalan Sultan Agung, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Teuku Umar dan Jalan Pagar Alam, sedangkan untuk persimpangan akan ada permasalahan karena derajat kejenuhan > 1. Kata kunci: Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan Jalan ABSTRACT Impact Assessment of Operation Mall Boemi Kedaton Against Pattern of Traffic Movement in Kedaton Area and Surrounding By Eva Riana One of the major shopping centers in Bandar Lampung City is Mall Boemi Kedaton located at Jalan Teuku Umar - Sultan Agung No. 1. Bandar Lampung. This area is one of the international and regional trade and services areas that have been established with the Regional Regulation of Bandar Lampung City No. 10 year 2011 about Spatial Planning for the Year 2011-2030. The area is also closed to the higher education area surrounding Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Gedong Meneng and Rajabasa which have universities, schools, courses and tutoring that influence the rise / pull of travel in Kedaton and surrounding area . These movements affect the current level of road performance that caused traffic congestion and irregularity due to traffic volume exceeding capacity. This study aims to measure traffic performance for the present and 5 years to come on roads that are estimated to be affected by the existence of the center of Mall Boemi Kedaton in terms of the value of degree of saturation (V/C Ratio). Based on calculation and analysis, it can be seen that the development of Mall Boemi Kedaton has no significant impact on the performance of the road network in Kedaton and surrounding areas for the existing condition, it can be seen from the level of service in all road segments in the study area has a V/C Ratio < 0, 75. While the average degree of saturation obtained from signaled intersection analysis and not signaled > 0.75 so it is necessary to optimize the intersection performance by changing the junction cycle time that is adjusted to traffic volume and intersection management where the intersection using LTOR system (Left Turn On Red ) to be without LTOR. For the next 5 years, roads that are estimated to experience poor performance are Jalan Sultan Agung, Jalan Urip Sumoharjo, Teuku Umar Street and Jalan Pagar Alam, while for the intersection there will be problems due to the degree of saturation > 1. Keywords: Road Performance, Degree of Saturation, Level of Road Service

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
> Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar

> Konstruksi bangunan
> Konstruksi bangunan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 188737649 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:26
Terakhir diubah: 26 Sep 2018 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33199

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir