Melisa Rahayu, 0853033030 (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA TRI SUKSES NATAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (460Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (423Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dalam setiap kegiatan pembelajaran tentunya ada sebuah metode/pendekatan yang digunakan seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar agar tercapai sebuah tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran biasanya tujuan yang ingin dicapai itu meliputi 3 domain yaitu domain kognitif, domain afektif dan domain psikomotor. Untuk mencapai 3 domain tujuan pembelajaran tersebut seorang guru sebaiknya mampu memilih metode/pendekatan pembelajaran yang tepat. Dengan tercapainya tujuan pembelajaran tentunya akan diimbangi dengan prestasi belajar yang baik juga, prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri siswa, salah satunya lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar ialah kualitas pengajaran. Kualitas pengajaran dipengaruhi juga oleh faktor karakteristik kelas diantaranya fasilitas dan sumber belajar yang tersedia. Salah satu pendekatan yang menciptakan sumber belajar yang lebih variatif adalah dengan menggunakan pendekatan Resource Based Learning (pembelajaran berdasarkan sumber). Pendekatan pembelajaran ini memberi kemandirian siswa untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sumber belajar yang lebih variatif, serta menciptakan suasana yang lebih menarik dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X SMA Tri Sukses Natar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X SMA Tri Sukses Natar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tri Sukses Natar tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 206 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak dan pengundian, sehingga kelas X6 dan X7 terpilih sebagai sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data nilai posttest berdistribusi normal dan bervarians sama (homogen), sehingga uji analisis persamaan atau perbandingan rata-rata menggunakan Uji-t. Hasil hitung data nilai posttest siswa dengan menggunakan uji statistik Uji-t diperoleh bahwa nilai thitung = 2,01 >
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 01:46 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2014 01:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |