IDENTIFIKASI HAMBATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BAGI PENDIDIK BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTAMADYA BANDAR LAMPUNG

VINIKA ASMARANI, 1413024081 (2018) IDENTIFIKASI HAMBATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BAGI PENDIDIK BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTAMADYA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (924Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (925Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan pendidik biologi SMA Negeri se-Kotamadya Bandar Lampung dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pendidik biologi di sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data primer penelitian berupa data hambatan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diperoleh dari angket tertutup dan semi terbuka tanggapan guru, yang dianalisis dengan kriteria deskriptif kualitatif serta informasi yang diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari data latar belakang pendidikan guru. Hasil angket tertutup menunjukkan hambatan yang dialami oleh pendidik tergolong dalam kriteria hambatan rendah dengan persentase di atas 75% sedangkan hasil angket semi terbuka tanggapan guru tergolong cukup menghambat dengan persentase di atas 40%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kotamadya Bandar Lampung dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tergolong dalam kriteria hambatan rendah. Hambatan yang utama pada aspek perencanaan adalah penyusunan RPP, hambatan utama pada aspek pelaksanaan adalah sulit menentukan metode dan model yang sesuai dengan kompetensi dasar (KD) dan hambatan utama pada aspek penilaian adalah penilaian psikomotorik dalam menyusun instrumen penilaian. Kata kunci : hambatan, pelaksanaan Kurikulum 2013, pendidik biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201845869 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:43
Terakhir diubah: 26 Sep 2018 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir