PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AYENDRA WAHYUNI, 1013033027 (2014) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI_NEW.pdf

Download (1776Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN_NEW.pdf

Download (1624Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan_NEW.pdf

Download (497Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (994Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat saat ini, sehingga sekolah dituntut mampu untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang dapat mengurangi rendahnya angka ketuntasan belajar. Salah satu alternatif agar siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS dan kemampuan kognitif siswa dapat meningkat, guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara optimal. Salah satu model tersebut adalah cooperative learning tipe stuctured numbered heads. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh dari model cooperative learning tipe stuctured numbered heads terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII semester ganjil di SMP Gajah Mada B.Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe stuctured numbered heads terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII semester ganjil di SMP Gajah Mada B.Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Populasi penelitian berjumlah 200 siswa dengan sampel yang menggunakan teknik random sampling berjumlah 40 siswa. Data diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi dan kepustakaan, dengan teknik analisis data statistik diskriptif dengan munggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh model kooperatif tipe SNH terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Gajah Mada B.Lampung, maka dapat diketahui bahwa model Cooperative Learning tipe Stuctured Numbered Heads memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:50
Last Modified: 29 Sep 2014 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item