IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM KUMPULAN CERPEN FILOSOFI KOPI KARYA DEWI LESTARI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

M. MUHFID CHOIRUDIN , 1413041047 (2018) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM KUMPULAN CERPEN FILOSOFI KOPI KARYA DEWI LESTARI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (806Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (807Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas implikatur percakapan pada kumpulan cerita pendek Filosofi Kopi karya Dewi Lestari serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam kumpulan cerpen filosofi kopi karya Dewi Lestari dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menegah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen filosofi kopi karya Dewi sedangkan data penelitian berbentuk implikatur percakapan antartokoh dalam kumpulan cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari yang didukung dengan modus tuturan serta konteks yang melatari tuturan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implikatur percakapan yang dituturkan antartokoh dalam kumpulan cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari dalam bentuk interseksi jenis tindak tutur. Interseksi jenis tindak tutur yang terdapat dalam kumpulan cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari yaitu (1) tindak tutur langsung tidak litera (L.TLit), (2) tindak tutur tidak langsung literal (TL.Lit), serta (3) tindak tutur tidak langsung tidak literal (TL.TLit) dengan beberapa modus meliputi modus bertanya, modus berita dan modus perintah dan konteks. Hasil penelitian ini diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah atas untuk melatih keterampilan berkomunikasi, yaitu sebagai alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara sesuai dengan kurikulum 2013 sekolah menengah atas Kompetensi Dasar 3.8 dan Kompetensi Dasar 4.8 Kata kunci: implikatur percakapan, konteks, modus, implikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 188265370 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:48
Terakhir diubah: 27 Sep 2018 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33235

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir