BENTUK-BENTUK KONFLIK ADAT SETINJUK’AN (KAWIN LARI) MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN BUAI PEMUKA BANGSA RAJA KABUPATEN WAY KANAN

Deka Riana, 1516011059 (2018) BENTUK-BENTUK KONFLIK ADAT SETINJUK’AN (KAWIN LARI) MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN BUAI PEMUKA BANGSA RAJA KABUPATEN WAY KANAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2277Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2278Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk konflik adat Setinjuk’an (kawin lari) masyarakat Lampung Pepadun Buai Pemuka Bangsa Raja Kabupaten Way kanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Fokus penelitian ini berupa bentuk-bentuk konflik Adat Setinjuk’an (kawin lari) masyarakat Lampung Pepadun Buai Pemuka Bangsa Raja Kabuaten Way Kanan. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini yaitu wawancara mendalam. Informan penelitian berjumlah 3 orang yang ditentukan sesuai dengan kriteria penentuan informan. Hasil penelitian didapatkan bahwa bentuk-bentuk konflik adat Setinjuk’an (kawin lari) masyarakat Lampung Pepadun Buai Pemuka Bangsa Raja Kabupaten Way Kanan adalah konflik secara umum, pribadi dan adat. Penyelesaian konflik umum dan pribadi adalah dengan adanya pihak ketiga dimana pihak ketiga tersebut dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dan dengan cara saling berunding antara keluarga kedua belah pihak gadis dan bujang. Dan pihak ketiga tersebut nantinya membantu menemukan bagaimana jalan keluarnya. Konflik adat akan diselesaikan oleh ketua adat atau punyimbangnya jika ada yang melanggar adat akan dikenakan denda dan akan diselesaikan langsung oleh ketua adat tersebut. Kata kunci : Konflik, Adat Setinjuk’an (kawin lari), Lampung Pepadun, Ketua Adat, Punyimbang, Buai Pemuka, Bangsa Raja, Kabupaten Way Kanan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 188943018 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:21
Terakhir diubah: 03 Oct 2018 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir