PENGARUH DIMENSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM SENTRA INDUSTRI KERIPIK DI JALAN PAGAR ALAM BANDAR LAMPUNG

SITI SARAH AIDILHA, 1311011156 (2018) PENGARUH DIMENSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM SENTRA INDUSTRI KERIPIK DI JALAN PAGAR ALAM BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (888Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (889Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

UMKM industri keripik yang ada di Jalan Pagar Alam Bandar Lampung memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan sebagai salah satu produk unggulan daerah. Permasalahan utama UMKM industri keripik pada dasarnya adalah penerapan Supply Chain Management (SCM) yang belum maksimal. Penerapan SCM yang efektif dapat dimanfaatkan UMKM industri keripik untuk dapat lebih memaksimalkan nilai yang mampu dihasilkan secara keseluruhan oleh perusahaan, hal ini sekaligus juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing di pangsa pasar yang ada. Memahami dan menerapkan SCM adalah kondisi yang diperlukan untuk tetap kompetitif dalam persaingan global dan meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara SCM terhadap keunggulan bersaing. Dengan 5 dimensi praktek SCM yaitu Strategic supplier partnership, Customer Relationship, Level of information sharing, Quality of information sharing, dan Postponement. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey berupa kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 47 UMKM yang ada di sentra industri keripik Jalan Pagar Alam Bandar Lampung. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dioperasikan oleh program SPSS. Hasil penelitian ini mendukung kelima hipotesis yang diajukan. Kelima dimensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, menunjukkan bahwa tingkat praktek SCM yang lebih tinggi dapat mengarah pada peningkatan keunggulan bersaing. Kata kunci: Supply Chain Management, Strategic supplier partnership, Customer Relationship, Level of information sharing, Quality of information sharing, Postponement, Keunggulan Bersaing. abstract The MSMEs in the chips industry on Pagar Alam Street Bandar Lampung has good potential to be developed as one of the regional particular products. The main problem with MSMEs in the chips industry is basically the implementation of Supply Chain Management (SCM) which has not been maximized. The effective application of SCM can be utilized by the MSMEs in the chips industry to be able to maximize the value that is able to be produced by the company as an entirety, and help the company to achieve competitive advantage in the existing market share. Understanding and also implementing SCM is a necessary condition to remain competitive in global competition and increase profitability. The purpose of this research is to analyze the influence of Supply Chain Management toward competitive advantage. Five dimensions of SCM practice are Strategic supplier partnership, Customer Relationship, Level of information sharing, Quality of information sharing, and Postponement. The type of research used is quantitative descriptive research using a survey in the form of a questionnaire. The population and sample in this research is 47 MSMEs that exist in chips industrial center of Pagar Alam Street Bandar Lampung and data collected by using questioners. Technique analysis used is multiple linear regression that operated by SPSS program. The results of this study support the five proposed hypotheses. The five dimensions have a positive and significant influence on competitive advantage, indicating that higher levels of SCM practice can lead to increased competitive advantage. Keyword: Supply Chain Management, Strategic supplier partnership, Customer Relationship, Level of information sharing, Quality of information sharing, Postponement, Competitive Advantage.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 201841711 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:05
Terakhir diubah: 08 Oct 2018 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33536

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir