PEMAHAMAN GURU PAUD TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

SHINTIA RAMADHON MAKI , 1413054048 (2018) PEMAHAMAN GURU PAUD TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (914Kb)

Abstrak

Masalah pada penelitian ini merupakan belum semua guru PAUD di Kecamatan Sukabumi belum memiliki pemahaman yang sama dalam pembelajaran menulis permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru terhadap pembelajaran menulis permulaan. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Sampel berjumlah 49 guru dipilih menggunakan Cluster Random Sampling dari 98 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data analisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemahaman guru terhadap pembelajaran menulis permulaan anak usia dini maka didapatkan hasil mayoritas guru sudah paham mengenai konsep menulis permulaan, perencanaan menulis permulaan, pelaksanaan menulis permulaan dan evaluasi menulis permulaan. Kata Kunci: anak usia dini, guru pendidikan anak usia dini, pembelajaran menulis permulaan abstract The problem of this research was that not all PAUD teachers in Sukabumi Subdistrict have the same understanding in learning early childhood writing. The objective of this reaserch was to describe the level of teachers understanding about writen learning beginning. The research method used quantitative design. A sample of 49 teacher was selected using Cluster Random Sampling fron 98 population. The research instrumen was used tests and documents. The data were analyzed by quantitative descriptive analysis. Based on the results on the teacher's understanding of early childhood early writing learning, the results showed that the majority of teacher already understood the concept of preliminary writing, initial writing implementation and initial writing evaluation. Keyword: early childhood, early childhood teachers, early writing learning

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 188937810 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:09
Last Modified: 11 Oct 2018 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33612

Actions (login required)

View Item View Item